ARTIKELKEAGAMAAN

Kajian Surat Yasin ayat 1 – 12

Secara keseluruhan pakar tafsir seperti at-Thabari, Zamakhsyari, dan Qurthubi mengkategorikan surat Yasin ini sebagai surat Makkiyah, meski pada ayat 12 dalam surat ini menurut Ibnu ‘Athiyah diturunkan di Madinah, namun pendapat ini ditolak oleh Ibnu ‘Asyur, ia menganggap bahwa ayat tersebut sejatinya turun di Makkah namun dijadikan hujjah oleh sebagian kelompok untuk mengatakannya turun di Madinah.

Berdasarkan tartib mushafi (urutan mushaf) surat Yasin ada diurutan ke 36 dari 114 surat, dan urutan ke 41 (Surat Yasin turun sesudah Surat Jin) berdasarkan tartib nuzuli (urutan turunnya). Dalam tafsirnya, at-tahrir wa at-tanwir, Ibnu ‘Asyur mengatakan bahwa beberapa ulama masih berselisih pendapat terkait jumlah ayat dalam surah ini, ada yang mengatakan 83 ayat, ada juga yang berpendapat 82 ayat. Namun, mayoritas sepakat kalau jumlah ayat pada surah Yasin totalnya adalah 83 ayat.

Surat ini banyak berbicara tentang hal-hal mendasar dan pokok dari agama seperti Kenabian, Tauhid, dan hari pembalasan. Ia berbicara tentang pengukuhan nabi dan dakwah para nabi. Dia berbicara tentang keagungan Allah di alam semesta ini, hari kebangkitan, tanya jawab di pengadilan hari akhir nanti, kenikmatan-kenikmatan surga dan kesengsaraan yang akan dialami oleh para penghuni neraka.

Untuk memperoleh bahan presentasi silahkan unduh

Jika terdapat password untuk membuka dokumen tersebut silahkan menghubungi admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *